Preaload Image

Pelatihan Social Media Marketing kepada UMKM yang diadakan olehAkuntansi FEB UM di Desa Ngingit, Malang dalam mendukung SDGs 2030

Kelompok Pengabdian Departemen Akuntansi FEB Universistas Negeri Malang 2021/2022 telah melaksanakan program kerja yang ditujukan untuk UMKM di Desa Ngingit Malang. Program tersebut bertajuk “Sosialisasi Penggunaan Social Media Marketing Kepada UMKM”. Program ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata Kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Program ini fokus pada tujuan ke (9) yaitu “Infrastruktur, Industri dan Inovasi” dengan tujuan membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, dan membantu perkembangan inovasi. Pembangunan infrastruktur dapat berkembang melalui peningkatan keuangan, teknologi, dan dukungan teknis.

Dalam cepatnya proses digitalisasi maka diperlukan adaptasi dengan keadaan baik itu dalam kehiupan sehari-hari maupun dalam lingkup bisnis. UMKM juga tidak luput dari proses digitalisasi, kompetisi dalam marketing masing masing produk UMKM menjadi salah satu faktor untuk bertahan dalam tranformasi digital yang telah berjalan. 

Identitas brand merupakan poin penting untuk memberikan edukasi kepada customer terkait produk apa yang dijual oleh UMKM dan juga bagaimana sebuah produk dapat memiliki daya tarik sendiri dimata customer. Strategi dari UMKM dalam memasarkan produk tersebut juga merupakan poin penting karena dengan strategi yang mumpuni maka dapat menyasar target dan juga pasar yang lebih luas.

Dengan pertimbangan tersebut maka Tim KKN Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan pelatihan social media marketing dengan menyasar UMKM yang ada di Desa Ngingit. Kegiatan tersebut didampingi oleh dosen Akuntansi yaitu sebagai pembimbing lapangan yaitu Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd.

Dengan harapan kegiatan ini akan membuat UMKM yang masih belum melakukan pemasaran produk dengan menggunakan media digital dapat mengerti akan potensi dan juga peluang yang bisa diambil apabila memasarkan produknya dengan menggunakan social media. 

Kegiatan yang merupakan lanjutan dari salah satu program kerja pelatihan desain ini juga merupakan kesinambungan kepada UMKM dimana UMKM yang sudah memiliki identitas akan produk mereka dapat mendapatkan wawasan tentang bagaimana strategi dan kiat-kiat untuk memasarkan produknya dengan media social.

Dalam pelaksanaanya kegiatan ini diawali dengan pengenalan pemasaran produk dengan menggunakan media sosial, dengan mengenalkan bagaimana proses dan juga bagaimana mengatur konten yang menarik untuk disajikan dalam akun pemasaran produk. 

Setelah itu UMKM mendapatkan wawasan tentang bagaimana mengatur konten yang menarik dengan contoh mengupload kegiatan sehari hari dan juga mengabadikan momen yang ada di UMKM.

Setelah itu kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan akun yang telah disiapkan agar memudahkan UMKM untuk memasarkan produknya. Dengan melihat bagaimana antusiasme yang ditunjukkan oleh UMKM membuat Tim KKN memiliki harapan besar akan peluang yang dimiliki UMKM dalam memasarkan produknya.

Translate »
Skip to toolbar