Studi Fenomenologi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri

Nisa, Anita Choirun. 2016. Studi Fenomenologi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak., (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak., CA.

Kata Kunci: Dana Desa, transparasi, akuntabilitas

Penelitian ini memfokuskan perhatian pada penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan Dana Desa dengan tujuan untuk melihat fenomena pemahaman akuntabilitas pengelolaan Dana Desa khusunya Desa Tegalan. Penelitian ini dilakukan karena Dana Desa merupakan hal yang baru oleh karena itu ingin mengetahui sejauh mana pemahaman Pemerintah Desa maupun masyarakat mengenai program Dana Desa yang telah berlangsung selama satu tahun mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pada tahap pelaporan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman akuntabilitas pengelolaan Dana Desa yang dilakukan oleh Desa Tegalan. Sebagai informan terpilihnya adalah Pemerintah Desa serta masyarakat yang dianggap dapat mewakili unit penelitian dalam pengelolaan Dana Desa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman Pemerintah Desa mengenai perencanaan adalah mengundang perwakilan masyarakat dalam sebuah acara musyawarah dan juga pemahaman masyarakat mengenai perencanaan adalah mengahadiri undangan musyawarah tersebut. Pelaksanaan dianggap sebagai sebuah realisasi dari rencana dan terserapnya semua dana dalam pembangunan selama satu tahun. Dengan tidak adanya sisa dana maka dianggap dana desa sudah terlaksana dengan baik. Sedangkan pertanggungjawaban dipahami oleh Pemerintah Desa sebagai penyerahan hasil laporan kegiatan kepada pusat melalui pihak Kecamatan dan masyarakat memahami pertanggungjawaban berupa selesainya pembangunan selama satu tahun dan dapat dinikmati langsung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *