Pengaruh e-SPT PPN terhadap Efisiensi Pengisian SPT PPN menurut Persepsi Wajib Pajak (Survey terhadap Wajib Pajak Badan Terdaftar di KPP Pratama Singosari)

Kristyanto, Yochanan Heksa. 2016. Pengaruh e-SPT PPN terhadap Efisiensi Pengisian SPT PPN menurut Persepsi Wajib Pajak (Survey terhadap Wajib Pajak Badan Terdaftar di KPP Pratama Singosari). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hj.Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak, (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci : e-SPT PPN, SPT PPN, Singosari

Target penerimaan pajak agar tercapai, harus didukung oleh fasilitas pajak dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajibannnya. Salah satu fasilitas pajak dalam rangka modernisasi administrasi perpajakan adalah e-SPT yang merupakan aplikasi (software) yang dibuat oleh DJP untuk digunakan oleh wajib pajak untuk kemudahan dalam penyampaian SPT. Penggunaan e-SPT dimaksudkan agar semua proses kerja dan pelayanan perpajakan berjalan dengan baik, lancar, akurat serta mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya sehingga kepatuhan wajib pajak diharapkan akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan e-SPT PPN terhadap efisiensi pengisian SPT menurut persepsi pengusaha kena pajak di KPP Pratama Singosari.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan dua variabel yaitu penerapa e-SPT dan efisiensi pengisian SPT, setiap variabel memiliki beberapa indikator yang mempengaruhinya. Sumber data merupakan data Primer dengan sumber data yang diperoleh secara langsung dari narasumbernya, dengan menggunakan metode kuesioner. Analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi sederhana dengan menguji normalitas dan menguji hipotesis (t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan e-SPT PPN berpengaruh signifikan positif terhadap efisiensi pengisian SPT PPN menurut persepsi pengusaha kena pajak pada KPP Pratama Singosari. Hal ini menunjukan bahwa e-SPT sangat berperan besar dalam mempermudah pelaporan SPT PPN oleh wajib pajak badan kepada pihak KPP Pratama Singosari.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *