Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Faktur Elektronik (e-Faktur) Terhadap Penggunaan Fasilitas Faktur Elektronik (e-Faktur) Oleh Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Umami, Rifa. 2016. Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Faktur Elektronik (e-Faktur) Terhadap Penggunaan Fasilitas Faktur Elektronik (e-Faktur) Oleh Wajib Pajak Badan (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Diana Tien Irafahmi, S.E., M.Ed., (II) Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, e-Faktur, Penggunaan Fasilitas

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat dan kemudahan e-Faktur terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur oleh wajib pajak badan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan kuesioner dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi yang digunakan adalah seluruh wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur, serta persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan fasilitas e-Faktur.
Keterbatasan penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada responden sehingga kesimpulan yang dapat diambil hanya berdasarkan kepada data yang dikumpulkan tersebut. Pengambilan sampling convenience sampling kurang menjaring wajib pajak badan secara keseluruhan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu bagi Kantor Madya Malang perlu dilakukan penyempurnaan secara terus menerus terhadap sistem e-Faktur sehingga menghilangkan kendala dalam penerapannya dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan tehnik random sampling agar keterkaitan terhadap populasi lebih tinggi.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *