Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank Konvensional

Atoillah, Mochammad. 2016. Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Likuiditas terhadap Profitabilitas Bank Konvensional. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.SC., (II) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak, CA.

Kata Kunci: NPL, LDR, ROA.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh risiko kredit (NPL) dan risiko likuiditas (LDR) terhadap profitabilitas (ROA) pada bank konvensional yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria bank konvensional yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 yang menyajikan laporan keuangan tahun 2014 yang disampaikan ke Bank Indonesia.
Data diperoleh berdasarkan publikasi Laporan Keuangan Triwulan bank konvensional yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2014. Dari kreteria tersebut diperoleh 30 bank sebagai sampel penelitian. Pengolahan data digunakan metode pooling, dimana “n” yang digunakan perkalian antara jumlah bank (30 bank) dengan periode pengamatannya triwulan (4 kali) sehingga sampel yang digunakan menjadi 120.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi partial dengan level of signifikance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.

Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linear berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan negatif terhadap variabel Return On Asset (ROA) yang ditunjukkan dengan besarnya tingkat signifikan lebih kecil dari 5% dan nilai t hitung sebesar -4,179 lebih kecil dari t tabel sebesar –1,981. Hubungan NPL dan ROA menurut hasil penelitian ini adalah negatif dimana ROA akan menurun jika nilai NPL meningkat, begitu juga sebaliknya. Sedangkan variabel Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh signfikan terhadap variabel ROA, hal tersebut ditunjukkan dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 5% dan nilai t hitung 3,604
lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 1,981. Hubungan LDR dan ROA menurut hasil penelitian ini adalah positif Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan pada variabel LDR memberikan pengaruh signifikan terhadap ROA

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *