Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Dan Potensi Kebangrutan Perusahaan (Studi Pada Pe-rusahaan Peserta Sustainability Reporting Award Tahun 2013-2015)

Prasetya, Candra Adi. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Dan Potensi Kebangrutan Perusahaan (Studi Pada Pe-rusahaan Peserta Sustainability Reporting Award Tahun 2013-2015). Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Ma-lang. Pembimbing: (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: sustaianbility report, nilai perusahaan, potensi kebangkrutan perusahaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan dan potensi kebangkrutan perus-ahaan. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan data sekunder. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustain-ability report yang diukur menggunakan indeks GRI. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diproksikan dengan tobins q dan poten-si kebangrutan perusahaan yang diproksikan dengan altman z-score. Sampel penelitian ini adalah 31 perusahaan publik yang mengikuti sustainability reporting award tahun 2013-2015. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sam-pling dengan kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ko-relasi kanonikal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengungkapan sustainability re-port tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan potensi kebangrutan perus-ahaan. Jadi, tinggi rendahnya pengungkapan sustainability report tidak akan mempengaruhi pertumbuhan nilai perusahaan dan potensi kebangkrutan perus-ahaan. Penelitian selanjutanya disarankan untuk mepertimbangkan menggunakan variabel dependen lain dan melakukan analisis konten terhadap pengungkapan sus-tainability report.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *