Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK

Aristasari, Fitria. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Sparkol Videoscribe, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Media pembelajaran yang saat ini sudah banyak dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, yaitu pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan video. Dalam proses belajar mengajar, guru sudah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran seperti microsoft powerpoint akan tetapi media yang digunakan masih belum menarik perhatian dan memotivasi siswa dalam belajar akuntansi. Oleh karena itu, pemanfaatan multimedia interaktif dengan menggunakan Sparkol Videoscribe dapat dijadikan sebagai inovasi untuk menarik perhatian siswa dalam belajar dan menjadi sebuah alternatif dalam mengatasi permasalahan kejenuhan dalam proses pembelajaran.
Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Borg & Gall (1989) yang telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya yang terdiri dari (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) pengembangan produk awal, (3) uji coba lapangan awal, (4) merevisi hasil uji coba, (5) uji coba lapangan, (6) penyempurnaan produk, dan (7) produk akhir. Kegiatan uji coba produk dilaksanakan pada kelas X AK SMK PGRI 2 Malang sejumlah 15 siswa yang dipilih secara acak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrimen yang digunakan berbentuk kuesioner atau angket.
Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 92,8%, ahli materi sebesar 86,15%, uji coba pengguna guru sebesar 86,25%, dan uji coba pengguna siswa sebesar 88%, sehingga rata-rata keseluruhan validasi sebesar 88,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa mutimedia interaktif dengan menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran akuntansi di SMK dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas maupun secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru khususnya, untuk memanfaatkan produk multimedia interaktif dengan bantuan buku petunjuk penggunaan dalam proses pembelajaran. Saran kepada pengembang selanjutnya dapat membuat produk dengan konsep dan materi yang lebih luas.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *