Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Malang

Prastiwi, Ellita Dini. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah, S. Pd, M. Sc (2) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak.,.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Berhasil atau tidaknya belajar tergantung pada beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu contoh faktor internal adalah kecerdasan emosional. Sedangkan faktor eksternal yaitu motivasi eksternal siswa. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori kognitif sosial yang dikemukakan oleh Bandura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang sejumlah 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan koefisien determinasi dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Malang, dan (2) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Malang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan motivasi belajar, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa, begitu pula sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru untuk memberikan motivasi kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi siswa agar lebih memotivasi dirinya untuk mengoptimalkan hasil belajarnya. Serta untuk peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode pengumpulan data selain angket dan melakukan wawancara terhadap beberapa guru dan juga siswa.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *