Perbedaan Harga Saham Sebelum dengan Sesudah Pengumuman Dividen (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015)

Published: 29 March, 2017

Ferdiana, Prahardika Debbie. 2016. Perbedaan Harga Saham Sebelum dengan Sesudah Pengumuman Dividen (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA dan (II) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA

Kata Kunci : Harga Saham, Pengumuman Dividen

Pengumuman dividen ialah kebijakan perusahaan, dimana perusahaan mengumumkan hasil dari rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham. Pengumuman dividen suatu perusahaan dapat menjadi signal baik atau buruk bagi para pemegang saham. Pengumuman dividen dapat dikatakan mengandung signal/informasi apabila dapat mempengaruhi pengambilan keputusan para investor. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah cum dividend date yang merupakan tanggal terakhir perdagangan saham yang masih mengandung hak untuk mendapatkan dividen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui reaksi pasar daripada terjadinya pengumuman dividen dengan melihat perbedaan harga saham sebelum dengan sesudah pengumuman dividen perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) dan mengumumkan dividen selama periode 2012-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitan ini terdapat 10 perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sumber data didapat dari data sekunder dan untuk analisis uji beda dua sampel berpasangan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik Paired Sample T Test karena hasil dari uji normalitas data menunjukkan data berdistribusi normal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan harga saham sebelum dengan sesudah pengumuman dividen yang signifikan. Berdasarkan hasil uji statistik, harga saham sebelum pengumuman dividen mengalami penurunan setelah adanya pengumuman dividen namun tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengumuman dividen mempunyai kandungan informasi/sinyal akan tetapi informasi ini telah dapat diantisipasi oleh investor. Saran untuk penelitian berikutnya adalah untuk meneliti dengan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi harga saham, sehingga dapat memproyeksikan keadaan yang sebenarnya. Selain disarankan juga untuk menggunakan alat analisis lain serta meneliti perusahaan-perusahaan lain dengan bidang dan struktur modal yang berbeda.

Find More

Categories

Follow Us

Related Content