Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Reputasi Auditor terhadap Harga Obligasi dengan Peringkat Obligasi sebagai Variabel Intervening

Purnami, Rudiah Dwi. 2016. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Reputasi Auditor terhadap Harga Obligasi dengan Peringkat Obligasi sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. CA

Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Harga Obligasi, Peringkat Obligasi

Obligasi merupakan salah satu instrumen keuangan yang mengalami kenaikan permintaan selama lima tahun terakhir dibandingkan dengan saham. Hal tersebut dikarenakan obligasi menawarkan tingkat pengembalian yang positif dengan pendapatan tetap (fixed income). Investor yang tertarik untuk membeli obligasi harus memperhatikan harga obligasi agar dapat memaksimalkan keuntungan. Selain harga obligasi, hal penting lain yang harus dipertimbangkan investor obligasi adalah peringkat obligasi. Peringkat obligasi menggambarkan risiko gagal bayar obligasi karena semakin tinggi peringkat obligasi menunjukkan kualitas obligasi dan tingkat risiko yang rendah. Sesuai dengan teori sinyal, keputusan investasi pihak di luar perusahaan akan bergantung pada informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan (Jogiyanto, 2000:392). Sinyal yang diberikan perusahaan berupa peringkat obligasi. Perusahaan dapat menggunakan jasa dari lembaga pemeringkat untuk menilai obligasi sehingga memperoleh peringkat obligasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi maupun harga obligasi menjadi informasi penting bagi investor dalam menentukan keputusan investasi obligasi. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor kuantitatif seperti rasio keuangan dan faktor kualitatif (Brigham dan Houston, 2006:373).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan reputasi auditor terhadap harga obligasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 dengan peringkat obligasi sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa eksplanasi (explanatory research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan dan Indonesian Bond Market Directory (IBMD). Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap peringkat obligasi. Namun likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan reputasi auditor tidak terbukti berpengaruh terhadap harga obligasi secara langsung maupun melalui peringkat obligasi. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan survei pendahuluan, baik penelitian dilakukan di Indonesia maupun di negara lain serta melakukan penelitian secara kualitatif tentang peringkat obligasi dan harga obligasi agar mendapat hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *