Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Turen

Maharani, Faradella. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing
(I) Sriyani Mentari, S.Pd, M.M., (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Lesson Study, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas XI Ak 4 SMK Negeri 1 Turen, menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar yang lebih baik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis lesson study pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di kelas XI Ak 4 SMK Negeri 1 Turen
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI Ak 4 setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study dan (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Ak 4 setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 4 SMK Negeri 1 Turen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket motivasi belajar, lembar observasi lesson study, dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 79,29% dan pada siklus II mencapai 82,82%. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 73,5% menjadi 85,3%. Kriteria pencapaian penelitian ini adalah hasil belajar menunjukkan 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75,00. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas XI Ak 4 SMK Negeri 1 Turen setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study.
Berdasarkan kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran kepada: (1) bagi guru, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan permasalahan atau kasus yang nyata/real yang diperoleh dari fakta-fakta yang terjadi pada kehidupan sehari-hari maupun di sekitar lingkungan sekolah, (2) bagi sekolah, penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study dapat digunakan sebagai pengembangan model pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan permasalahan/kasus yang nyata. Disarankan pula untuk mengukur motivasi belajar melalui observasi. Kemudian disarankan untuk menerapkan media pembelajaran agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih bervariatif.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *