Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL), Self-Efficacy Akademik, Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa

Setiana, Dewi Sulis. 2017. Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL), Self-Efficacy Akademik, Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily , S.Pd, MSA

Kata Kunci: Kajian Praktik Lapangan (KPL), self-efficacy akademik, minat menjadi guru, kesiapan mengajar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL), self-efficacy akademik, dan minat menjadi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2013. Teknik pemilihan sampel menggunakan total sampling, dimana jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 153 mahasiswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk memperoleh data variabel Kajian Praktik Lapangan (KPL), self-efficacy akademik, minat menjadi guru dan kesiapan mengajar. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada 30 responden. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kajian Praktik Lapangan (KPL) berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mengajar, (2) Self-efficacy akademik berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mengajar, dan (3) Minat menjadi guru berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mengajar.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *