Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi

Permatasari, Fitri Intan. 2016. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M (2) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak

Kata Kunci: Hasil Belajar, Self-Regulated Learning, Kepercayaan diri.

Hasil belajar adalah serangkaian evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah self-regulated learning dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa jurusan akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderator.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yang menggunakan variabel Self-Regulated Learning (X1), Kepercayaan Diri (Z), dan Hasil Belajar (Y). Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kediri yang berjumlah 179 siswa tersebar dalam 5 kelas, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 124 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MRA (Moderated Rgresion Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial self-regulated learning berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar dan memberikan kontribusi signifikan sebesar 28,3% dan kepercayaan diri sebagai variabel moderator dapat memperkuat pengaruh self-regulated learning dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar dengan memberikan kontribusi sebesar 35,2%. Variabel kepercayaan diri merupakan jenis moderator semu. Hasil belajar siswa akuntansi akan meningkat jika dipengaruhi oleh self-regulated learning dan mampu diperkuat oleh kepercayaan diri.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini memiliki keterbatasan berupa (a) teknik pengambilan data menggunakan penyebaran angket. Berdasarkan keterbatasan penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) mencari faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar, (b) menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas, (c) teknik pengumpulan data dapat ditambah observasi dan wawancara agar mendapatkan hasil yang lebih lengkap dan akurat.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *