Pengaruh Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014)

Indriani, Lutvi Eka. 2017. Pengaruh Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, SE, MA, M.M, Ak.

Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan

Tujuan investor dalam menanamkan modalnya adalah untuk mendapatkan return dan capital gain. Saham adalah salah satu instrumen yang sering diminati oleh para investor. Perubahan minat investor akan berpengaruh pada harga sahamnya. Semakin banyak permintaan atas suatu saham, maka harga saham akan semakin meningkat dan sebaliknya. Menurut signaling theory informasi mengenai pengumuman Earning Per Share (EPS) akan memberikan sinyal bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi. Berdasarkan teori valuasi pengumuman dividen juga akan memengaruhi harga saham di bursa. Semakin tinggi dividen yang dibagikan, maka harga saham juga akan semakin meningkat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap nilai perusahaan dan untuk mengetahui apakah kebijakan dividen mampu memoderasi pengaruh EPS terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan beberapa perusahaan manufaktur yang telah dipublikasi di BEI tahun 2012-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan analisis data MRA (Moderated Regression Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap harga saham dan kebijakan dividen mampu memperkuat pengaruh EPS terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu penelitian ini hanya diukur dengan indikator dividen kas (cash dividend). Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperhitungkan variabel dividen saham.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *