Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Menggunakan Lectora Inspire Untuk Siswa SMK Negeri 12 Malang

Arinda, Dea Febby. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Menggunakan Lectora Inspire Untuk Siswa SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc, (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran elektronik, Lectora Inspire

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran elektronik dengan menggunakan program lectora inspire dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran elektronik yang dikembangkan. Media yang dikembangkan berisi materi tentang pencatatan transaksi pada perusahaan jasa untuk siswa kelas X pada program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang.
Model penelitian dan pengembangan media pembelajaran elektronik menggunakan lectora inspire mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) desain produk, 4) produksi media pembelajaran, 5) validasi desain, 6) revisi produk, 7) uji pelaksanaan lapangan terbatas, 8) revisi produk akhir, 9) produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang dilengkapi dengan skala penilaian berdasarkan skala likert. Jenis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari data yang diperoleh dari hasil validasi media pembelajaran elektronik menggunakan lectora inspire, diketahui bahwa validasi ahli media sebesar 89,68%, validasi ahli materi sebesar 83,29%, validasi pengguna sebesar 90,78%, dan validasi audience sebesar 89,66% dengan rata-rata keseluruhan sebesar 88,35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran elektronik menggunakan lectora inspire yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *