Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun Ajaran 2016/2017

Sari, Hagmy N. Y. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si.,Ak.

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Prestasi Belajar.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah kebiasaan belajar dan kecerdasan Emosional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun berjumlah 70 siswa. Sampel berjumlah 60 siswa, metode pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis uji t dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara kebiasaan belajar (X1), kecerdasan emosional (X2), dan Prestasi belajar (Y) siswa kelas XI di SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017. Secara simultan dari hasil uji F diperoleh besar signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Secara parsial dari hasil uji t kebiasaan belajar dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya, kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, sedangkan hasil uji t kecerdasan emosional dengan signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Jadi, dapat diketahui bahwa secara terpisah kebiasaan belajar berpengaruh sebesar 23,81% terhadap prestasi belajar akuntansi dan kecerdasan emosional berpengaruh sebesar 26, 52% terhadap prestasi belajar akuntansi. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 74,3% sedangkan 25,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017 dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA. ST. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2016/2017. Di sarankan bagi siswa untuk konsentrasi ketika pelajaran berlangsung, memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru guna meningkatkan prestasi belajar akuntansi sedangkan bagi orang tua sebaiknya memperbaiki cara mendidik anak dengan lebih menghargai pekerjaan anak, lebih terbuka dan demokratis

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *