Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Belanja Daerah, dan Ukuran Pemerintah Daerah terhadap Tingkat Pengungkapan Informasi Keuangan Daerah pada Website Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2013-2015)

Anam, Atika Mardhanila. 2017. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Belanja Daerah, dan Ukuran Pemerintah Daerah terhadap Tingkat Pengungkapan Informasi Keuangan Daerah pada Website Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2013-2015). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA, CMA, CIBA, CSRS.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Belanja Daerah, Ukuran Pemda, Transparansi, Informasi Keuangan, Website Pemerintah Daerah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem otonomi daerah dalam pelaksanaan pemerintahannya. Tujuan dari otonomi daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat agar semakin baik. Pelayanan yang baik kepada masyarakat dapat berupa pengungkapan informasi keuangan kepada masyarakat sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi pemerintah daerah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi keuangan daerah pada website pemerintah daerah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penjelas (explanatory research). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan realisasi anggaran, publikasi katalog Badan Pusat Statistik, dan masing-masing website resmi pemerintah daerah. Sampel dalam penelitian ini merupakan keseluruhan populasi yang ada yaitu seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur sehingga terdapat 38 sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis linier berganda dengan tingkat signifikansi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan ukuran Pemda berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan informasi keuangan daerah pada website Pemda, sedangkan belanja daerah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan informasi keuangan daerah pada website Pemda. Hal tersebut berarti jika PAD, DAU, dan ukuran Pemda semakin meningkat maka semakin meningkat pula pengungkapan informasi keuangan daerah pada website Pemda. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,38 yang menunjukkan bahwa besarnya variasi tingkat pengungkapan informasi keuangan daerah pada website Pemda dapat dijelaskan oleh PAD, DAU, belanja daerah, dan ukuran Pemda sebesar 38% sedangkan 62% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *