Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Menerbitkan Sustainability Report yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2015)

Putri, Lidya Perwari. 2017. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Menerbitkan Sustainability Report yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2015). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA, CMA, CIBA, CSRS.

Kata Kunci: Pengungkapan Sustainability Report, Return on Assets, Return on Equity, Net Profit Margin, Nilai Perusahaan.

Keberadaan perusahaan yang ada di masyarakat memberikan aspek positif maupun aspek negatif bagi lingkungan masyarakat. Pertanggung jawaban sosial perusahaan merupakan komitmen perusahaan untuk turut mensejahterahkan masyarakat dan lingkungan. sustainability report merupakan laporan perusahaan yang menguraikan 3 aspek yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari pengungkapan sustainability report, terhadap return on asset (ROA), return on equity (ROE), net profit margin (NPM), dan nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode analisis Korelasi Kanonikal.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan sustainability report berpengaruh positif terhadap ROA, ROE, dan NPM, sedangkan pengungkapan sustainability report tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut berarti jika perusahaan pengungkapan sustainability report meningkat maka ROA, ROE, dan NPM perusahaan juga cenderung tinggi. Nilai Adjusted R square menjelaskan bahwa variasi tingkat pengungkapan sustainability report pada ROA sebesar 31,1%, ROE sebesar 27,8%, dan NPM sebesar 22,8%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *