Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) di SMAN 01 Pringgasela Lombok Timur

Riyadli, Muhammad Hayyan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) di SMAN 01 Pringgasela Lombok Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed. (II) Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran audio visual, hasil belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran audio visual. Produk tersebut diujicoba untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Pringgasela. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari pengisian angket angket validasi (ahli materi dan ahli media), uji coba produk dan nilai pretest posttest siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2011) untuk disesuaikan dengan pengembangan yang dilakukan. Validasi hasil penelitian menunjukkan rata-rata keseluruhan sebesar 77%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran audio visual terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung dengan hasil uji paired – sample t test sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu: 1) peneliti harus memilih lagu yang memuat materi lebih mendalam dan 2) peneliti harus menyediakan video yang lebih bervariasi.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *