Pengaruh Locus Of Control, Keahlian Auditor, Dan Komitmen Profesional Terhadap Underreporting Of Time

Sari, Eke Defita. 2017. Pengaruh Locus Of Control, Keahlian Auditor, Dan Komitmen Profesional Terhadap Underreporting Of Time. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., AK.

Kata kunci: Locus of Control, Keahlian Auditor, Komitmen Profesional, dan Underreporting of Time.

Profesi akuntan publik adalah seseorang yang memiliki kualifikasi tertentu dalam melakukan audit atas laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan atau organisasi. Seorang auditor dituntut untuk melakukan tugas dengan tingkat ketelitian yang masuk akal, keahlian, dan kehatihatian dalam setiap kasus guna memenuhi tanggung jawab profesionalnya. Perilaku profesional akuntan publik salah satunya diwujudkan dalam bentuk menghindari perilaku disfungsional audit seperti underreporting of time. Perilaku auditor yang menyimpang dari standar audit dapat menyebabkan kegagalan audit dan menurunkan kualitas hasil audit. Faktor-faktor individu auditor merupakan penyebab auditor menerima underreporting of time.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh locus of control, keahlian auditor, dan komitmen profesional terhadap underreporting of time. Penelitian ini dilakukan di Malang dengan auditor sebagai responden yang bekerja pada kantor akuntan publik. Auditor yang terlibat dalam penelitian ini adalah auditor junior, partner, manajer, supervisor dan auditor senior. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner penelitian secara langsung kepada responden dengan mendatangi kantor akuntan publik yang berada di Malang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode convenience sampling. Kuisioner yang disebarkan berjumlah 43 tetapi yang kembali hanya 35. Penenlitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa locus of control, keahlian auditor, dan komitmen profesional berpengaruh secara simultan terhadap underreporting of time. Berdasarkan pengujian secara parsial variabel locus of control berpengaruh positif terhadap underreporting of time dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Sedangkan variabel keahlian dan komitmen profesional berpengaruh negatif terhadap underreporting of time. Salah satu kelemahan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode survey sehingga mengakibatkan tidak bisa dilakukan kontrol atas jawaban responden. Oleh sebab itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode lain seperti wawancara langsung sehingga hasil yang di dapat lebih akurat.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *