Pengembangan E-modul Akuntansi Berbasis Saintifik Pada Materi Dasar-Dasar Perbankan Untuk Kelas X Akuntansi

Isnaini, D.E. 2017. Pengembangan E-modul Akuntansi Berbasis Saintifik Pada Materi Dasar-Dasar Perbankan Untuk Kelas X Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci : E-modul, Akuntansi, Saintifik.

Pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 diorietasikan agar siswa mampu mengembangkan sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Namun kenyataannya bahan ajar yang digunakan di sekolah masih belum dapat memenuhi tuntutan sebagai bahan ajar yang dapat merangsang proses berfikir ilmiah pada siswa sesuai dengan Kurikulum 2013. Modul dalam konteks kurikulum 2013 sudah tersedia namun siswa kurang antusias dalam menggunakan modul tersebut. Penggunaan modul konvensional dalam pembelajaran dirasa kurang menarik siswa dalam memahami materi.
Pengembangan bahan ajar berbasis elektronik ini membantu siswa untuk belajar mandiri sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan gaya belajar tiap siswa. Produk yang dihasilkan berpotensi memacu minat siswa dalam penggunaannya. Hal ini dikarenakan penyajian produk memuat materi, evaluasi, gambar, animasi, video, dan sound yang dikemas menggunakan aplikasi adobe animated 2017.

Penelitian pengembangan e-modul akuntansi berbasis saintifik pada materi dasar-dasar perbankan menggunakan model pengembangan Borg and Gall (2003). Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul akuntansi dapat menarik minat siswa dalam belajar terutama pada materi dasar-dasar perbankan. Pengembangan e-modul akuntansi berbasis saintifik pada materi dasar-dasar perbankan diujicobakan pada kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil pengembangan e-modul akuntansi berbasis saintifik pada materi dasar-dasar perbankan, diperoleh hasil persentase sebesar 98% dari ahli media, 95% dari ahli materi, pada uji coba lapangan terbatas diperoleh hasil persentase sebesar 92% dari pengguna siswa, dan 95% dari pengguna guru. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis saintifik pada materi dasar-dasar perbankan untuk kelas X Akuntansi dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Proses pembuatan bahan ajar tidak lepas dari kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik menuntut siswa berfikir secara ilmiah yang meliputi 3 ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotrik. Pendekatan saintifik yan digunakan dalam e-modul akuntansi berupa kegiatan 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *