Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Sebagai Pendukung Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Ahsanti, Rahma Zuli. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Sebagai Pendukung Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran akuntansi, scientific approach, hasil belajar

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada bulan Oktober 2016 di SMKN 1 Ponorogo, peneliti menemukan bahwa sekolah tersebut telah melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum 2013, tetapi pembelajaran di kelas masih berpusat kepada guru dan sebagian besar siswa dan guru di sekolah ini telah menggunakan smartphone bersistem operasi android. Dukungan fasilitas koneksi internet berupa wifi serta peraturan sekolah yang membebaskan peserta didik membawa smartphone ke lingkungan sekolah diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk proses pembelajaran. Namunfaktanya hal tersebut tidak berjalan maksimal, karena siswa menggunakan fasilitas smartphone dalam pembelajaran hanya sebatas untuk mencari pengetahuan (tambahan) dengan mesin pencari (browser). Sementara itu, smartphone yang dimilikipeserta didik hanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi di mana didalamnya terdapat berbagai media sosial.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkanserta menguji kelayakan dan efektivitas perangkat pembelajaranakuntansi berupa RPP, handout, media pembelajaran, dan soal evaluasi sebagai pendukung scientific approach pada mata pelajaran akuntansi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Gall&Borg yang telah dimodifikasi dengan 8 langkah pengembangan, antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) pengembangan produk; (3) validasi; (4) revisi I; (5) uji coba lapangan terbatas; (6) revisi II; (7) uji coba lapangan dan (8) penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dan tes (pretest dan postest). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dan soal tes (pretest dan postest). Teknik analisis data mengunakan uji kelayakan produk melalui teknik data persentase dan uji efektivitas produk melalui uji normalitas data dan uji paired sample t-test.
Produk yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaransebagai pendukungscientific approach mata pelajaran akuntansi keuangankelas XI SMK untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli perangkat pembelajaran dan siswa melalui kuesioner terhadap produk tersebut diperoleh persentase kelayakan produk masing-masing sebesar 97%, 91%, 86% dan 77%. Hasilpengolahan nilaipretest dan postest pada diperoleh nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran akuntansiyang dikembangkan peneliti layak dan efektif untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam belajar dan mengajar

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *