Pengaruh Kebijakan Dividen dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015

Segidifat, Yustisen 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (2) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi.

Tujuan utama perusahaan adalah untuk mencapai keutungan yang maksimal. Semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibeli oleh calon investor apabila ingin memilikinya. Manajemen perusahaan perlu memperhatikan kebijakan keuangan, yaitu kebijakan dividen dan keputusan investasi yang berkaitan dengan nilai perusahaan. Kebijakan dividen merupakan suatu kebijakan yang menyangkut penentuan beberapa besar keutungan yang akan didistribusikan kepada pemegang saham dan beberapa keutungan yang akan ditahan untuk pembiayaan investasi dimasa mendatang. Keputusan investasi merupakan keputusan yang berkaitan dengan penanaman modal dengan harapan mendapatkan keutungan dimasa mendatang. Dalam hal ini nilai perusahaan ditentukan oleh kegiatan investasi. Semakain besar investasi yang dihasilkan maka semakin besar kemakmuran pemegang saham perusahaan. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 Perusahaan yang telah memenuhi criteria penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sedangkan untuk uji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhannya.
Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai signifikan DPR adalah sebesar 0,028< 0,05 dan nilai signifikan PER sebesar 0,000 < 0,05 berarti terbukti bahwa kebijakan dividen dan keputusan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai R Square sebesar 0,302 ataupun sebesar 0, 30, 2% ini berarti bahwa variabel X1 dan X2 memjelaskan variabel Y sebesar 30,2% sedangkan sebesar 69,8% di sebebkan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kebijakan dividen dan keputusan investasi positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran bagi perusahaan kiranya meningkatkan nilai perusahaan dengan pengambilan keputusan dengan benar. Saran bagi investor handek memilih perusahaan yang mampu meningkatkan labanya. Bagi penelitan selanjutnya selain menggunakan data sekunder, peneliti juga harus menggunakan data primer, dan juga perlu menambah variabel-variabel agar memperkaya penelitianya

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *