Pengaruh ROA, EPS, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Underpricing Saham Saat IPO di BEI Tahun 2013-2015

Dinarti. 2017. Pengaruh ROA, EPS, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Underpricing Saham Saat IPO di BEI Tahun 2013-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Nurika Restuningdiah, S.E, M.Si., Ak., CA.

Kata Kunci: ROA, EPS, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Underpricing Saham Pada Saat IPO Di BEI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset (ROA), earning per share (EPS), financial leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap underpricing saham saat IPO. Financial leverage diukur dengan rasio DER. Ukuran perusahaan dihitung dengan logaritma natural (ln) dari total aktiva.
Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi pada data laporan keuangan dan annual report yang terdapat pada website BEI dan data underpricing diperoleh dari website e-bursa.com. Adapun analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel yakni random.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham yang artinya H01 tidak ditolak. Kedua, EPS berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing saham yang artinya H02 ditolak. Ketiga, financial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham yang artinya H03 tidak ditolak. Keempat, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing saham yang artinya H04 ditolak. Kelima, umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham yang artinya H05 tidak ditolak.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *