Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Roza, Melinda. 2017. Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.H. Cipto Wardoyo, M.Pd., M.Si., Ak., CA

Kata kunci: Persepsi, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar

Segala kegiatan yang terjadi dalam proses pembelajaran akan dipersepsi oleh masing-masing siswa. Salah satu kegiatan yang dipersepsi siswa adalah keterampilan dasar mengajar guru. Perbedaan persepsi di setiap siswa memberikan pengaruh pada motivasi belajar dan keaktifan siswa di kelas. Perbedaan persepsi, motivasi belajar, dan keaktifan siswa di kelas juga akan mempengaruhi baik dan buruknya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ada dua, diantaranya untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Akuntansi, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran Akuntansi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 279 siswa kelas X, XI, dan XII IPS di SMA Negeri 9 Malang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 72 siswa. Siswa kelas X IPS berjumlah 24, siswa kelas XI IPS berjumlah 25, dan siswa kelas XII IPS berjumlah 23. Instrumen dalam penelitian ini ada dua, kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan keaktifan siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa yang dilihat dari nilai hasil penilaian Ujian Tengah Semester (UTS). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Akuntansi SMA Negeri 9 Malang sebesar 27.1%, (2) terdapat pengaruh signifikan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa Akuntansi di SMA Negeri 9 Malang sebesar 32.8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan, (1) dapat mempertimbangkan tingkat kesulitan soal dan cakupan soal dalam mengukur prestasi belajar siswa (2) membuat proporsi pernyataan angket seimbang antara indikator dengan indikator lainnya

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *