Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa

Yudistira, Sifa N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quipper School, Hasil Belajar.

Quipper School merupakan sebuah platform pembelajaran online di mana di dalamnya terdapat kelas virtual yang menyediakan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah kurangnya pemanfaatan sarana dan fasilitas internet yang disediakan oleh sekolah sebagai media dalam proses pembelajaran, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga penelitian ini menerapkan media Quipper School dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan bentuk eksperimen semu. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Malang dengan kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah soal pre test, post test dan keterampilan. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal pre test, post test dan keterampilan. Analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitan menunjukan bahwa penggunaan media Quipper School mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata gain score kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu sebesar 29,17 pada kelas eksperimen dan 18,19 pada kelas kontrol. Rata-rata kemampuan akhir pada ranah pengetahuan untuk kelas eksperimen juga lebih baik dibandingkan kelas kontrol, yaitu sebesar 85,28 untuk kelas eksperimen dan 77,50 untuk kelas kontrol. Selain itu, rata-rata nilai keterampilan kelas eksperimen juga lebih baik dibandingkan kelas kontrol, yaitu sebesar 90,42 untuk kelas eksperimen dan 80,28 untuk kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Quipper School memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Malang

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *