Pengaruh Modernitas Individu Dan Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri

Ardana, Boby Aldi Efta. 2017. Pengaruh Modernitas Individu Dan Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak

Kata kunci: modernitas individu, variasi mengajar guru, dan hasil belajar

Hasil belajar merupakan tolak ukur utama untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri dipengaruhi oleh modernitas individu dan keterampilan variasi mengajar guru. Modernitas individu siswa bila digunakan siswa secara positif, maka akan berdampak positif juga terhadap hasil belajar siswa, begitupun sebaliknya. Keterampilan variasi mengajar guru yang dapat mengatasi kebosanan siswa, membuat siswa senantiasa bersemangat dan nyaman saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernitas individu dan keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatif karena bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh antara dua variabel atau lebih.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling, dimana populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa, dengan menggunakan rumus slovin diperoleh hasil 117 siswa sebagai sampel yang diambil. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif korelasional dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posistif dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 antara modernitas individu dan keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa modernitas individu dan keterampilan variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kediri. Sesuai keseluruhan hasil penelitian saran yang dapat peneliti berikan, yang pertama adalah bagi sekolah hendaknya memperhatikan dan lebih meningkatkan faktor eksternal siswa seperti modernitas individu siswa, kedua untuk guru mata pelajaran akuntansi hendaknya melakukan evaluasi mengajarnya secara berkala, dan yang ketiga bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan agar variabel diperluas lahi.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *