Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Pengalokasian Belanja Modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013

Irawanti, Ari Sandi. 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Pengalokasian Belanja Modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, SE., M.Com. (II) Nujmatul Laily, S.Pd., MSA.
Kata kunci: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Pengalokasian Belanja Modal.
Tujuan utama penyelenggaraan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan pelayanan publik dan memajukan perekonomian daerah. Belanja modal dapat menjadi upaya untuk meningkatkan pelayanan publik karena belanja modal merupakan pengeluaran rutin pemerintah daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus. PAD, DAU, DAK mempengaruhi alokasi belanja modal. Hal ini di dukung oleh teori good governance. Pemerintah daerah diharapkan untuk mengelola dana yang berasal dari PAD, DAU, dan DAK untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dana tersebut kemudian dialokasian ke belanja modal karena belanja modal merupakan belanja untuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus berpengaruh positif terhadap pengalokasian belanja modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013.
Penelitian ini termasuk jenis explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah di Provinsi Jawa Timur tahun 2010-2013. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Untuk menentukan besarnya sampel dilihat dari pengklasifikasian berdasarkan suatu pertimbangan tertentu dan digunakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen Laporan APBD.Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap pengalokasian belanja modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013. Pendapatan asli daerah merupakan sumber penerimaan daerah yang berasal dari masyarakat maka pemerintah daerah menyalurkan dana dari masyarakat tersebut melalui pengalokasian belanja modal yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. (2) Dana Alokasi Umum berpengaruh positif terhadap pengalokasian belanja modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013. Dana alokasi umum merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada yang kemudian diarahkan untuk alokasi belanja modal guna pengadaan sarana dan prasarana publik. (3) Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif terhadap pengalokasian belanja modal di Provinsi Jawa Timur Tahun 2010-2013. Dana alokasi khusus merupakan dana transfer dari pemerintah pusat untuk membiayai investasi pengadaan prasarana dan sarana fisik melalui pengalokasian belanja modal.  

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *