Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Real Estate and Property yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014

Handika, Yudi Nanda. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Real Estate and Property yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak

Kata Kunci: Pecking Order, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Profitabilitas, Struktur Modal, SIZE, ROA, DER.

Pengembangan perusahaan dalam upaya untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini akan selalu dilakukan baik oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Upaya tersebut merupakan permasalahan tersendiri bagi perusahaan, karena menyangkut pemenuhan dana yang diperlukan, serta melihat situasi yang ada agar dapat melakukan pengelolaan fungsi-fungsi manajemennya dengan baik, mulai dari bidang produksi, pemasaran, personalia, sampai finansial sehingga mampu untuk unggul dari para pesaingnya. Kondisi bisnis yang sangat kompetitif saat ini membuat perusahaan menaruh perhatian yang lebih pada struktur modal di samping masalah-masalah lainnya. Apabila suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dananya mengutamakan sumber dari dalam perusahaan, maka akan sangat mengurangi ketergantungannya kepada pihak luar. Apabila kebutuhan dana sudah sedemikian meningkatnya karena pertumbuhan perusahaan, dan dana dari sumber internal sudah digunakan semua, maka tidak ada pilihan lain, selain menggunakan dana yang berasal dari luar perusahaan baik dari hutang (debt financing) maupun dengan mengeluarkan saham baru (external equity financing) dalam memenuhi kebutuhan dananya. Oleh karena itu, pada prinsipnya setiap perusahaan membutuhkan dana untuk pengembangan bisnisnya. Pemenuhan dana tersebut berasal dari sumber internal ataupun sumber eksternal. Karena itu, para manajer keuangan dengan tetap memperhatikan biaya modal (cost of capital) perlu menentukan struktur modal dalam upaya menetapkan apakah kebutuhan dana perusahaan dipenuhi dengan modal sendiri atau dipenuhi dengan modal asing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh variabel Ukuran Perusahaan (SIZE), Struktur Aset dan Profitabilitas (ROA), terhadap Struktur Modal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estate and property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang secara aktif masih tercatat pada periode 2012-2014. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif(angka) yang berasal dari sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, variable Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan, Struktur Aset memiliki pengaruh negative tidak signifikan dan Profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap variabel struktur modal. Peneliti menyarankan perusahaan sebaiknya memenuhi kebutuhan dananya mengutamakan sumber dari dalam perusahaan apabila kebutuhan dana sudah sedemikian meningkatnya karena pertumbuhan perusahaan, dan dana dari sumber internal sudah digunakan semua, maka pilihan lain adalah menggunakan dana yang berasal dari luar perusahaan baik dari hutang (debt financing) maupun dengan mengeluarkan saham baru (external equity financing) dalam memenuhi kebutuhan dananya.
Periode pengamatan relatif pendek hanya selama tiga tahun yaitu tahun
2012-2014, sehingga kurang mencerminkan kondisi dalam jangka panjang dan penelitian ini hanya terbatas pada perusahaan real estate and property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga kurang dapat mewakili kondisi perusahaan secara keseluruhan.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *