Analisis Perbedaan Volume Perdagangan Saham Sebelum Dan Sesudah Pemberlakuan Perubahan Peraturan Kep-00071/BEI/11-2013

Ramadhan, Fatimatuz Zahro Fi. 2016. Analisis Perbedaan Volume Perdagangan Saham Sebelum Dan Sesudah Pemberlakuan Perubahan Peraturan Kep-00071/BEI/11-2013. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr, Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. CA, (II) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak. CA, C.MA

Kata Kunci: satuan perdagangan, fraksi harga saham, trading volume activity.

Dalam surat keputusan direksi BEI nomor Kep-00071/BEI/11-2013 menjelaskan bahwa besaran satuan perdagangan dan fraksi harga merupakan komponen struktur mikro pasar yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan likuiditas saham, sehingga dalam rangka meningkatkan likuiditas dan kapitalisasi pasar serta untuk meningkatkan daya saing Bursa, maka dipandang perlu untuk melakukan penyesuaian atas besaran satuan perdagangan dan fraksi harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak perubahan satuan perdagangan dan fraksi harga saham (Kep-00071/BEI/11-2013) terhadap volume perdagangan saham sebelum dan sesudah perubahan tersebut berlaku.
Penelitian ini menggunakan event study, di mana dilakukan pengamatan terhadap rata-rata trading volume activity (TVA) selama lima hari sebelum dan lima hari sesudah pemberlakuan peraturan Kep-00071/BEI/11-2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari data historik Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 20 perusahaan yang terdaftar dalam kategori saham LQ 45 periode Agustus 2013 – Januari 2014. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan aplikasi SPSS for windows versi 2.0.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara TVA sebelum dan sesudah pemberlakuan peraturan Kep-00071/BEI/11-2013. Hasil ini berbeda dari market microstructure theory, bahwa perubahan peraturan satuan perdagangan dan fraksi harga tidak menunjukkan perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah permberlakuan perubahan tersebut.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *