Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT Pokok Bahasan Jurnal Umum Untuk Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadyah 3 Singosari

Lingga Tri Mahargia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT Pokok Bahasan Jurnal Umum Untuk Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. dan Pembimbing (2) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M, Ak.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Interaktif, Jurnal Umum

Materi pembelajaran yang diajarkan pada siswa kelas X Akuntansi 1 Smk Muhammadiyah 3 Singosari saat ini salah satunya adalah jurnal umum yang merupakan materi belajar yang cukup padat dan membosankan bagi siswa. Media pembelajaran berbasis IT ini merupakan salah satu alternatif untuk menjelaskan materi jurnal umum yang cukup banyak dan tidak membosankan. Perkembangan jaman yang pesat mendorong siswa untuk mengenal jenis sumber belajar yang sifatnya multimedia. Berdasarkan hasil penelitian melaui observasi terhadap siswa kelas X Akuntansi 1 Smk Muhammadiyah 3 Singosari, media pembelajaran mengunakan CD Interaktif belum pernah dilakukan dan merasa perlu untuk dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dalam rangka untuk menciptakan suasana kelas yang tidak membosakan. Selain itu agar tersedia media pembelajaran penunjang belajar siswa juga layak dalam rangka untuk menambah pengetahuan siswa. Prosedur pengembangan media pembelajaran akuntansi interaktif berbasis IT pada pokok bahasan jurnal umum ini adalah: 1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) melakukan rancangan produk 3) validasi terhadap produk 4) uji coba kelompok kecil 5) revisi terhadap produk awal 6) uji coba lapangan terbatas dengan 28 subjek 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner berisi tentang hal-hal yang terkait dengan aspek penarik perhatian media, penyajian materi dan balikan, evaluasi, keinteraktifan dan aspek lain-lain. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang ditunjukkan denngan prosentase dan kualitatif berupa saran dan komentar dalam bentuk narasi.
Hasil pengembangan ini adalah 76,60% siswa tertarik menggunakan media ini, 83,93% siswa sudah mengetahui tujuan pembelajaran yang terdapat pada media ini, 88,72% siswa menyukai penyajian materi dan balikan, 81,25% siswa menilai bahwa media pembelajaran ini evaluatif dan pada aspek lain-lain siswa menilai 78,34%. Sedangkan data keseluruhan yang diperoleh dari ahli materi jurnal umum memiliki prosentase kevalidan sebesar 87% , dan prosentase kevalidan dari ahli media pembelajaran 90%.
Berdasarkan hasil pengembangan media ini dapat disimpulkan bahwa media ini sudah layak untuk dijadikan media pembelajaran yang menunjang belajar siswa. Disarankan kepada guru agar menggunakan media pembelajaran ini, serta dapat disosialisasikan kepada sekolah lain dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga media ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *