Perbedaan Siswa Yang Menggunakan dan Yang Tidak Menggunakan Lembar Kerja Siswa dengan Media Ilustrasi Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang

Wicaksono, Muhammad Guntur. 2014. Perbedaan Siswa Yang Menggunakan dan Yang Tidak Menggunakan Lembar Kerja Siswa dengan Media Ilustrasi Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak.., CA. (2) Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si.Ak., CA.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, komik, hasil belajar.

Pencapaian kemampuan siswa dalam pendidikan sangat tergantung pada proses pembelajaran yang diikuti. Pembelajaran akuntansi umumnya monoton dan membosankan. Hal ini didukung fakta dilapangan bahwa umumnya guru cenderung memilih metode ceramah untuk menyampaikan materi daripada harus menggunakan media pembelajaran. Komik merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan populer bagi anak. Fakta inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Siswa dengan menggunakan media komik terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa dengan media ilustrasi komik terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa XI IPS di SMAN 1 Tumpang Malang yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 135 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3, dengan jumlah 67 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling untuk memilih dua kelas dari tiga kemungkinan kelas yang ada. Instrumen yang digunakan berupa soal pre test dan post test berbentuk pilihan ganda sebanyak 13 item. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan Uji T, untuk membandingkan rata-rata hasil belajar (gain score) kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol, sehingga dapat dilihat bahwa penggunaan media komik terbukti lebih efektif menigkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran, karena dengan penggunaan media dalam kelas dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenagkan sehingga menimbulkan motivasi bagi siswa. Penggunaan LKS dengan ilustrasi media komik ini dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *