Pengaruh Media E-Learning Schoology terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Anates sebagai Alat Evaluasi (studi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari)

Hidayanta, Sicilia, P.P. 2016. Pengaruh Media E-Learning Schoology terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Anates sebagai Alat Evaluasi (studi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc. (II) Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.Sa., Ak.

Kata Kunci : E-Learning, Schoology, Hasil Belajar, Anates.

Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi e-learning dengan menggunakan aplikasi schoology. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran konvensional karena siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun karena aplikasi ini dapat dibuka dengan menggunakan laptop, komputer, dan smartphone sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Soal-soal yang akan diujikan pada siswa juga dianalisa menggunakan bantuan anates sehingga diharapkan siswa dapat lebih berkompetitif. Berdasarkan uraian tersebut, pembelajaran e-learning dengan menggunakan aplikasi schoology diuji coba pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji hipotesis bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan anates berbasis e-learning pada aplikasi schoology lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa X Akuntansi 1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dan X Akuntansi 2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen.
Hasil uji T menunjukkan bahwa hasil uji T pada equal variances assumed yakni 0,194 levih besar dari 0,05 (0,194>0,05). Melalui hasil analisis ini dapat diketahui bahwa hipotesis diterima.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran e-learning pada aplikasi schoology dalam pembelajaran akuntansi perusahaan jasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) diharapkan guru berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang efektifitas media pembelajaran lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) penganalisaan soal dengan anates pada pembelajaran e-learning dengan bantuan schoology untuk pelajaran akuntansi dapat dijadikan bahan pertimbangan guna memperbaiki kualitas sistem pembelajaran, (3) diharapkan para siswa lebih mandiri dan kreatif dalam mencari dan menggunakan srmber belajar selain buku untuk menunjang keberhasilan belajar, (4) Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk lebih banyak menggunakan SMK yang berbeda untuk dapat mengetahui keefektivitasan pembelajaran ¬e-learning menggunakan schoology, dan meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran ¬e-learning menggunakan schoology.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *