Analisis Perbandingan Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Sustainability Reporting Award pada Perusahaan Pemenang Sustainability Reporting Award Tahun 2012-2015

Prakoso, Hizabrurrahman Geraldi. 2016. Analisis Perbandingan Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Sustainability Reporting Award pada Perusahaan Pemenang Sustainability Reporting Award Tahun 2012-2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dodik Juliardi, S.E, M.M, Ak., (II) Ika Putri Larasati, S.E., Mcom.
Kata Kunci: Pengumuman Sustainability Reporting Award, Abnormal Return, dan Volume Perdagangan Saham
Sustainability Reporting Award merupakan penghargaan terhadap perusahaan-perusahaan yang telah menyelenggarakan laporan berkelanjutan (sustainability report), baik yang diterbitkan secara terpisah maupun terintegrasi dalam laporan tahunan (annual report). Salah satu informasi yang tersedia di publik adalah informasi mengenai pengumuman sustainability reporting award. Kandungan informasi diuji menggunakan abnormal return dan volume perdagangan saham. Signalling Theory menyatakan bahwa jika informasi yang ada memiliki kandungan informasi yang kuat maka pasar akan bereaksi pada saat informasi tersebut dipublikasikan, sehingga abnormal return dan volume perdagangan saham akan mengalami perubahan yang disebabkan adanya fluktuasi permintaan dan penawaran saham di pasar modal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah terdapat perbedaan antara abnormal return dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman sustainability reporting award pada perusahaan pemenang sustainability reporting award tahun 2012-2015. Sampel yang digunakan berjumlah 20. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik Paired Sample For Means Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman sustainability reporting award, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman sustainability reporting award. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari penelitian ini, seperti: karakteristik perusahaan, periode pengamatan yang singkat, kandungan informasi dari sustainability reporting award, perilaku investor, serta adanya peristiwa-peristiwa ekonomi mikro dan makro serta sosial dan politik.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan kepada penelitian selanjutnya adalah agar menggunakan periode pengamatan yang panjang serta memperhatikan karakteristik berbagai sektor perusahaan di Indonesia, sehingga dapat memudahkan peneliti untuk mengetahui abnormal return dan volume perdagangan saham pada sektor perusahaan mana yang dapat dipengaruhi atau tidak dapat dipengaruhi oleh pengumuman sustainability reporting award.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *