Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Utami, Kurnia Riesty. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P. (II) Sawitri Dwi Prastiti, SE., M.Si., Ak

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Lesson Study, Aktivitas belajar, Hasil Belajar

Pembelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari disampaikan dengan metode konvensional dan pembelajaran lebih berpusat pada teacher center sehingga siswa cenderung bosan dan malas untuk menemukan pengetahuannya sendiri dalam proses belajar yang dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih kurang memuaskan karena aktivitas siswa dalam proses pembelajaran cenderung pasif dan hasil evaluasi pembelajaran yang diberikan masih kurang dari KKM 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif berbasis Lesson Study. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari tahap perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (do) hingga refleksi (see). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari kenaikan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan meliputi: visual activity, oral activity, writing activity, dan emotional activity. Dengan adanya peningkatkan aktivitas belajar siswa tentunya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang meningkat. Siswa lebih aktif dalam mencari informasi dengan mandiri maupun secara berkelompok dalam memecahkan permasalahan.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem based learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan berpangaruh positif terhadap hasil belajar. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu observasi terhadap aktivitas belajar siswa masih kurang optimal dan sistem penilaian persediaan belum menyesuaikan standart yang digunakan di Indonesia pada umumnya. Saran yang bisa diberikan dalam penerapan model Problem based learning yaitu meningkatkan kesiapan pengelolaan kelas dalam penerapan model pembelajaran, penggunaan media yang mendukung untuk pembelajaran, dalam proses pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi baik memberikan pendapat maupun pertanyaan sehingga pembelajaran dapat tercapai secara optimal dan lembar kerja siswa yang diberikan disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *