Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Di SMKN 1 Ponorogo

Tridiyatmoko, Angga. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Di SMKN 1 Ponorogo.Skripsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sunaryanto, M.Ed. (2) Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M. Ak. CA.
Kata Kunci: Model pembelajaran problem based learning, motivasi belajar, hasil belajar.
Pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo umumnya masih menggunakan pembelajaran yang konvensional, sehingga dalam proses pembelajarannya guru berperan sebagai pusat pembelajaran. Masalah yang dihadapi siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran konvensional, Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan inovasi dan kreativitas guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem based learning. Pemilihan model pembelajaran ini didasarkan pada sintaknya yang menuntun siswa aktif, kreatif di dalam kelas sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang model pembelajaranya menggunakan metode konvensional.
Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Dengan latar dan subjek penelitian siswa kelas XI AK 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39 dan XI AK 2 sebagi kelas eksperimen dengan jumlah siswa 39, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pre test dan post test, instrumen penelitian ini menggunakan tes dan angket, sedangakan analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan untuk kedua variabel dependent adalah uji –t dua pihak pada taraf signifikansi α= 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan rata-rata skor motivasi belajar siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. (2) model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan rata rata skor gain score kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *