Pengaruh Kondisi sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK untuk Melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Grati Kelas XII)

Heraningtyas, Yolanda. 2016. Pengaruh Kondisi sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK untuk Melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Grati Kelas XII). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Progran Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak (2) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA
Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua , Motivasi Belajar, Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Siswa SMK Negeri 1 Grati memiliki minat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang berbeda-beda. Minat dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Di antara kedua faktor tersebut terdapat variable-variabel di dalamnya yang turut mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua (faktor ekstern) dan motivasi belajar (faktor intern). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat siswa SMK Negeri 1 Grati kelas XII untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksplanatory research. Populasi peda penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Grati sebanyak 499 siswa dan sampelnya sebanyak 83 siswa dengan Teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap minat siswa SMK Negeri 1 Grati Kelas XII untuk melanjutkan ke Pergutuan Tinggi; (2) motivasi belajar berpengatuh positif signifikan terhadap minat siswa SMK Negeri 1 Grati Kelas XII untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Saran yang disampaikan penulis adalah (1) bagi guru hendaknya selalu memotivasi siswa dan badi pihak sekolah sebaiknya juga memberikan fasilitas yang memadai; (2) bagi orang tua hendaknya memotivasi siswa dan memenuhi kebutuhan belajar siswa, dan (3) bagi siswa diharapkan untuk meningkatkan motivasi belajar agar dapat timbul keinginan atau dorongan dari dalam diri untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan cara melanjutkan ke Perguruan
Tinggi.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *