Persepsi Calon Guru Akuntansi Tentang Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Rini, Bety Dian. 2016. Persepsi Calon Guru Akuntansi Tentang Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA., (II) Sulastri, S.Pd., M.SA.

Kata Kunci: persepsi, calon guru akuntansi, masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), kompetensi guru

Diresmikannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sedikit banyak akan berdampak pada dunia pendidikan. Khususnya lapangan pekerjaan menjadi seorang guru bagi calon guru akuntansi. Penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi, sejauh mana persiapan calon guru akuntansi dalam menghadapi MEA melalui empat kompetensi guru yang dimilikinya. Keempat kompetensi tersebut adalah kompetensi Pedagogik, kompetensi Kepribadian, kompetensi Profesional, dan kompetensi Sosial. Praktik calon guru akuntansi dalam mengembangkan keempat kompetensi guru tersebut dapat diketahui ketika melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif berbentuk studi kasus yang dipaparkan secara deskriptif melalui wawancara mendalam. Informasi dalam penelitian ini diperoleh dari informan utama dan informan pendukung. Informan utama adalah dua puluh mahasiswa selaku calon guru akuntansi. Sedangkan informan pendukung adalah tiga dosen selaku pembimbing di kampus, empat guru pamong selaku pembimbing di sekolah latihan, serta dua siswa yang pernah dididik. Tempat penelitian berada di kampus dan tiga sekolah SMK di Kabupaten Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diantara empat kompetensi guru tersebut, kompetensi Pedagogik yang paling dominan. Karena kompetensi tersebut memang menjadi landasan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mendidik siswa sebelum memenuhi tiga kompetensi yang lain. Selanjutnya, langkah calon guru akuntansi untuk meningkatkan keempat kompetensi guru dalam menghadapi MEA adalah bersikap optimis, meningkatkan kualitas diri, memperdalam bahasa Inggris, serta mengikuti Sertifikasi Guru.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *