Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Partisipasi Penyusunan Anggaran di Kabupaten Pasuruan

Maharani, Nindia. 2016. Pengaruh Persepsi Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Partisipasi Penyusunan Anggaran di Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak, (II) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. CA.

Kata Kunci : Persepsi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Partisipasi Penyusunan Anggaran.

Wacana tentang good governance (pemerintahan yang baik) saat ini sangat marak dibicarakan. Masyarakat menuntut agar sistem pengelolaan daerah dan pengelolaan keuangan dapat dijalankan secara transparan dan tanggungjawab. Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, pemerintah pun terdorong untuk mengembangkan dan menerapkan sistem pertanggungjawaban yang jelas, tepat waktu, teratur dan efektif. Mengelola anggaran secara ekonomis, efisien dan efektif dilakukan dengan cara membagi waktu secara proporsional untuk satuan kerja atas dan bawahan. Agar anggaran itu tepat waktu dan tepat sasaran maka diperlukan kerjasama yang baik antara bawahan dan atasan dalam penyusunan anggaran. Namun dalam kenyataannya penyusunan anggaran mengalami keterlambatan. Pemerintah daerah sering kali tidak bisa tepat waktu dalam menyusun anggaran.
Penelitian ini diakukan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pasuruan. Data yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas data dan reliabilitas data. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji signifikan partisial (uji-t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi gaya kepemimpinan yang berorientasi hubungan mampu mempengaruhi partisipasi PPTK dalam penyusunan anggaran karena gaya kepemimpinan ini bersifat memotivasi, saling percaya, saling menghormati dan bersahabat. Selain itu budaya oraganisasi yang tinggi juga mampu mempengaruhi partisipasi PPTK dalam penyusunan anggaran karena budaya organisasi bisa memengaruhi cara kerja dan berperilaku para anggota organisasi dalam berpartisipasi penyusunan anggaran.
Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa persepsi gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap partisipasi penyusnan anggaran dan budaya organisasi berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran.
Dari penelitian ini penulis memberikan saran yaitu sebaiknya melakukan penelitan kualitatif dengan wawacara dan pengamatan langsung kepada responden dan penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas variabel-variabel lain.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *