Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014

Published: 1 October, 2016

Nazila, Fina Izmi. 2016. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak., CA (II) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc

Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang bersumber dari website BEI dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD).
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014 yaitu sebanyak 462 perusahaan. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan nilai signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014. Koefisien determinasi (R2) adalah 0.193, sehingga dapat disimpulkan bahwa 19.3% nilai perusahaan dipengaruhi oleh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 80.7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel lain yang diduga memiliki pengaruh lebih besar terhadap nilai perusahaan dan menambah sumber data berupa data primer perusahaan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat, memperpanjang periode penelitian serta menambahkan sampel yang mencakup semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia agar hasilnya dapat mencermikan kondisi perusahaan secara umum.

Find More

Categories

Follow Us

Related Content