Pengembangan Modul Berbasis Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Khosyiyati, Nur Hayyu. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M., (2) Ika Putri Larasati, S.E., MCom.

Kata Kunci: Modul, Modul Berbasis Elektronik dengan Pendekatan Saintifik

Modul merupakan bentuk bahan ajar yang memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar mandiri sesuai dengan kecepatan pemahaman dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Modul yang didukung dengan perkembangan teknologi akan semakin meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Dalam membuat bahan ajar tidak lepas dari kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik sebagai ciri khas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk modul berbasis elektronik dengan pendekatan saintifik yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan efektif meningkatkan hasil belahar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi I, uji coba lapangan terbatas, revisi II, dan produk akhir. Validasi modul elektronik dengan pendekatan saintifik dilakukan oleh tiga subjek ahli yaitu ahli media, materi, dan pengguna.

Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu modul elektronik terdapat keterbatasan yaitu tidak memungkinkan adanya interaksi antara siswa dan guru atau antar siswa, menggunakan akses internet untuk mengerjakan soal latihan, dan siswa tidak dapat mengetahui benar atau salahnya jawaban ketika mengerjakan soal essay. Saran lebih lanjut untuk penelitian ini adalah dengan membuat forum diskusi dalam modul, membuat soal latihan offline, dan membuat umpan balik pada soal essay.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *