Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Ananda, Meryana Rizky. 2016. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M, (II) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M.

Kata Kunci: Media mobile learning, scientific approach, pengantar akuntansi dan keuangan.

Berdasarkan hasil observasi empirik yang dilakukan pada saat Kajian Praktik Lapangan (KPL) di SMKN 1 Turen, peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa dan guru di sekolah tersebut telah menggunakan smartphone bersistem operasi android. Dukungan fasilitas koneksi internet berupa wifi serta peraturan sekolah yang membebaskan peserta didik membawa smartphone ke lingkungan sekolah diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk proses pembelajaran. Namunfaktanya hal tersebut tidak berjalan maksimal, karena peserta didik menggunakan fasilitas smartphone dalam pembelajaran hanya sebatas untuk mencari pengetahuan (tambahan) dengan mesin pencari (browser). Sementara itu, dalam satu smartphone peserta didik memiliki banyak aplikasi, yang mana fitur-fitur media sosial (facebook, blackberry messenger, whatsApp, line, instagram) dan hiburan (games) adalah yang paling banyak digunakan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan dan efektivitas media mobile learning berbasis scientific approach mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan untuk siswa kelas X SMK.
Penelitian ini menggunakan rancangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi dengan 7 langkah pengembangan, antara lain: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk hasiluji coba lapangan awal; (6) uji coba lapangan; dan (7) penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dan soal tes (pretest dan postest).
Produk yang dihasilkan adalah media mobile learning berbasis scientific approach mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan dalam bentuk aplikasi yang diterapkan padasmartphone bersistem operasi android. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa melalui kuesioner terhadap produk tersebut diperoleh persentase kelayakan produk masing-masing sebesar 93%, 100%, dan 91%. Hasilpengolahan nilaipretest dan postest pada taraf kepercayaan 95% diperoleh nilai signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,007. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media m-learning berupa aplikasi android yang dikembangkan peneliti sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri siswa.

Tulisan ini dipublikasikan di Abstrak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *