Preaload Image

Ajak Warga Sukodadi Hidup Sehat, MBKM UM Gelar Sosialisasi PHBS Demi Wujudkan SDGs 3

Tim pengabdian FEB UM memberikan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pembagian tempat cuci tangan kepada masyarakat di SDN 1 Sukodadi Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Kegiatan sosialisasi tersebut berisi tentang informasi terkait PHBS, pentingnya penerapan PHBS dan apa yang dilakukan untuk menerapkan PHBS. Kegiatan sosialisasi PHBS bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran terkait pentingnya pola hidup bersih dan sehat di masa pandemic Covid-19. Selain itu, sosialisasi PHBS diselenggarakan demi terwujudnya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3, yaitu “Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan” dengan memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. Adanya sosialisasi ini diharapkan memenuhi target SDGs tahun 2030 yaitu mengurangi angka kematian dini akibat penyakit tidak menular.

Kegiatan sosialisasi PHBS ini dilakukan secara tertib dan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh warga di SDN 1 Sukodadi mendengarkan sosilasisasi yang diberikan oleh mahasiswa UM, sehingga dapat dengan mudah memahami pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi Covid-19. Pola hidup bersih dan sehat yang paling mudah untuk dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, olahraga ringan dan  mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah. Nah, senam sehat merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk semua kalangan usia. Seluruh warga SDN 1 Sukodadi merasa senang dengan adanya senam sehat yang diadakan oleh mahasiswa UM. 

Pandemi Covid-19 tidak kunjung usai hingga saat ini. Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan untuk menghindari lonjakan kasus Covid-19 seperti pembatasan kegiatan di sekolah. Kegiatan belajar di sekolah terhenti hampir 2 tahun, segala kegitan sekolah di lakukan secara online. Saat ini, kegiatan sekolah sudah kembali seperti biasanya akan tetapi siswa yang masuk di batasi. Seperti di SDN 1 Sukodadi yang sehari hanya masuk 3-4 kelas saja guna mengurangi kerumunan murid di sekolah. Apabila ada kegiatan yang mengumpulkan murid, semunya harus menerapkan protokol kesehatan, yaitu selalu memakai masker di lingkungan sekolah dan menjaga jarak.

Meskipun tenaga pendidik telah melakukan vaksinasi, harus tetap menerapakan pola hidup bersih dan sehat. Di lingkungan SDN 1 Sukodadi penerapan PHBS tidak berlaku hanya untuk tenaga pendidik saja, akan tetapi berlaku untuk murid juga. Namun, terkadang masih ada yang lalai terhadap kesehatan, sehingga adanya sosialisasi pola hidup bersih dan sehat ini sangat bermanfaat bagi seluruh warga SDN 1 Sukodadi. Menjaga pola hidup bersih dan sehat bertujuan untuk menjaga tubuh tetap sehat, menghindari diri dari kuman dan virus serta nmenjaga stamina dalam tubuh. Semakin terbiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat maka peneluran Covid-19 dapat terhenti.

Translate »
Skip to toolbar