Preaload Image

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi dengan Meningkatkan Skill Networking Bersama CMO Financialku Mario Agustian Lasut Guna Wujudkan SDGs 8 & 9

Malang – Acara 2nd Series Webinar National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) & Call for Paper yang diselenggarakan oleh Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang dilaksanakan pada tanggal 9 April 2022. Pelaksanaan acara ini dilakukan secara online melalui zoom meeting dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Melalui Transformasi Bisnis Digital”. Departemen Akuntansi mengundang dua pemateri hebat untuk acara ini, yakni Mario Agustian Lasut selaku CMO Finansialku.

Tema yang dipilih oleh para panitia sangat menarik karena menunjukkan upaya Indonesia menuju Sustainable Development Goals (SDGs). Dapat dilihat dari pokok-pokok bahasan yang disampaikan oleh salah satu pemateri, yakni Mario yang membahas mengenai ekonomi digital dan financial technology di Indonesia. Dalam pokok bahasan pertama, Mario mengatakan, “Terjadi peningkatan pengguna internet dan media sosial dari tahun 2019 ke 2020.” Kemudian, untuk pokok bahasan kedua Mario menyampaikan informasi mengenai berbagai jenis layanan dan produk fintech yang ada di Indonesia dan berada di bawah regulasi pemerintah. Selain memberikan informasi terkait ekonomi digital dan fintech, Mario juga menyampaikan terkait tantangan-tantangan yang ada di dalam ekonomi digital.

Seiring dengan transformasi bisnis digital yang banyak menawarkan kemudahan dalam transaksinya, mengakibatkan banyak masyarakat Indonesia yang mulai beralih menjalankan bisnisnya secara online. Hal ini mendukung tercapainya SDGs di Indonesia pada poin delapan dan sembilan, yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta industri, inovasi, dan infrastruktur. Dengan semakin banyaknya bisnis digital, maka akan semakin banyak pula peluang pekerjaan untuk masyarakat. Hal tersebut didukung oleh pernyataan yang dikemukakan oleh Barefoot, Curtis, Jolliff, Nicholson, dan Omohundro (2018) bahwa konsep ekonomi digital mengacu pada penggunaan internet secara luas yang ditujukan untuk kegiatan sosial dan ekonomi.

Pokok bahasan terakhir yakni mengenai aplikasi Finansialku sebagai wujud dari transformasi bisnis digital yang ditujukan kepada masyarakat. Aplikasi ini merupakan wujud inovasi dalam bidang ekonomi dan keuangan. Hal tersebut menjadi salah satu perwujudan untuk mendukung SDGs poin ke-9. Saat ini, aplikasi Finansialku menyajikan fitur-fitur terbaru yang mendukung pertumbuhan ekonomi, seperti artikel financial planning dan analisis investasi berbasis riset. Fitur-fitur tersebut membantu masyarakat dalam mengatur dan mengelola keuangannya. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Melvin Mumpuni selaku Co-Founder aplikasi Finansialku, bahwa tujuan dari adanya fitur-fitur baru tersebut yakni agar masyarakat semakin melek keuangan, bebas hutang, dan financial freedom yang disampaikan secara online.

Implementasi SDGs ini diterapkan mulai tahun 2015 hingga 2030. Dalam upaya perwujudan SDGs tidak dapat terlepas dari keterlibatan perkembangan dan transformasi bisnis digital. Mengingat semakin banyaknya pengguna internet dan media sosial di masyarakat Indonesia. Adanya acara NSAFE & Call for Paper ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan SDGs dalam bidang ekonomi dan keuangan. Oleh sebab itu, setelah diselenggarakannya acara ini diharapkan mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dapat mengambil peran untuk mewujudkan SDGs di Indonesia.

Translate »
Skip to toolbar