Akuntabilitas Gereja dalam Perspektif Alkitabiah dan Stewardship Theory (Studi Kasus pada Gereja X di Jawa Timur)

Sukmawati, Franchisca. 2016. Akuntabilitas Gereja dalam Perspektif Alkitabiah dan Stewardship Theory (Studi Kasus pada Gereja X di Jawa Timur). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak. (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA.
Kata Kunci: Akuntabilitas Horisontal, Akuntabilitas Vertikal, Stewardship Theory, Gereja
Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik akuntabilitas keuangan pada Gereja X di Jawa Timur. Akuntabilitas keuangan merupakan kewajiban organisasi untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan atas pengelolaan keuangan organisasi. Laporan keuangan digunakan untuk mengatasi ketimpangan informasi keuangan antara principal (jemaat) dan agent (bendahara).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan hidden observation. Lokasi penelitian dipilih pada Gereja X di Jawa Timur karena memiliki perbedaan dengan gereja cabang lainnya, yakni memiliki hak otonom untuk mengelolah keuangan gereja sendiri. Wawancara dilakukan kepada bendahara, gembala sidang, pengurus, dan jemaat.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Akuntabilitas keuangan vertikal atau kepada Tuhan dilakukan dengan cara mengelola kas gereja dengan jujur dan penuh tanggungjawab. Bentuk akuntabilitas keuangan vertikal dengan cara melakukan setiap pekerjaan yang dipercayakan atau mengelola keuangan dengan segenap hati seperti melakukan untuk Tuhan. 2) Bentuk akuntabilitas keuangan horisontal dengan mempublikasikan laporan keuangan. Publikasi laporan keuangan yang dilakukan bendahara merupakan akuntabilitas tindakan yang telah dilakukan untuk menjaga amanah atau kepercayaan dalam mengelola keuangan gereja

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *