Akuntansi Biologis Pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Wonosari

Pulugsari, Beatrix. 2016. Akuntansi Biologis Pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Wonosari. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembibing : (I) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si.,Ak. , (II) Dr. Dodik Juliardi , S.E, M.M, Ak.
Kata Kunci : Aset Biologis, Tanaman Teh, Perlakuan Akuntansi
Aset Biologis adalah hewan atau tanaman hidup yang mengalami transformasi biologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi penerapan regulasi yang berlaku di Indonesia berkaitan dengan perlakuan aset biologis pada PTPN XII (Persero) .
Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang diadakan pada perkebunan teh Wonosari yang merupakan milik PTPN XII (Persero). Proses evaluasi dilakukan berdasarkan kesesuaian aktivitas pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan penyajian pada aset biologis. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dengan beberapa narasumber dari kebun teh Wonosari dan dokumentasi data-data terkait yang mendukung penelitian.
Hasil ini penelitian menunjukkan bahwa belum ada standar khusus yang mengatur aset biologis, sehingga PTPN XII mengacu pada PSAK 16 dan juga Pedoman Akuntansi Perkebunan BUMN. Pengakuan tanaman dibagi menjadi TBM dan TM, dan pengukurannya menggunakan biaya historis. PTPN XII (Persero) melakukan pengungkapan aset biologis secara rinci pada catatan atas laporan keuangan secara narasi deskripsi. Penyajian aset tanaman teh pada laporan keuangan dapat dilihat pada akun aset tidak lancar, kelompok tanaman tahunan.
Bagi pihak penyusun regulasi diharapakan untuk menyempurnakan standar yang ada, terutama rincian biaya yang dikapitlisasi kedalam aset biologis agar informasi yang didapatkan lebih andal dan relevan. Bagi pihak PTPN XII diharapkan memapaparkan biaya yang dikapitalisasi kedalam aset biologis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *