Analisis Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Perusahaan Property, Construction, dan Real Estate yang Listing di BEI

Abadi, Ilhab Firosa. 2016. Analisis Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba Perusahaan Property, Construction, dan Real Estate yang Listing di BEI. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurika Restuningdiah, SE., M.Si., Ak., CA. (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata Kunci: Rasio Keuangan, Pertumbuhan Laba, Property, Construction, dan Real Estate

Laba merupakan tujuan utama sebuah operasi perusahaan. Namun, pada dasarnya pertumbuhan laba di masa mendatang merupakan suatu hal yang penuh ketidakpastian, diperlukan sebuah alat yang memadai untuk dapat digunakan dalam memprediksinya. Kemudian melalui hasil prediksi itulah pengguna laporan keuangan dapat mengambil keputusan sesuai yang dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah rasio keuangan berpengaruh pada pertumbuhan laba perusahaan satu tahun mendatang sehingga dapat digunakan untuk memprediksinya.
Penelitian ini menggunakan rasio-rasio keuangan pada tahun sekarang kemudian melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan laba kinerja satu tahun mendatang. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Property, Construction, dan Real Estate yang listing di BEI. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana berdasarkan kriteria yang ditentukan diperoleh data 20 perusahaan dengan laporan keuangan selama 4 tahun yaitu tahun 2011 sampai dengan 2014. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Return on Asset mempunyai pengaruh pada pertumbuhan laba sehingga dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan laba satu tahun mendatang.
Sedangkan variabel Current Ratio, Quick Ratio, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, Debt Asset Ratio, dan Return on Equity tidak berpengaruh pada pertumbuhan laba sehingga tidak dapat digunakan untuk memprediksi pertumbuhan laba satu tahun mendatang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *