Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Program Keahlian Akuntansi

Wijayanti, Novia Sri. 2016. Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Program Keahlian Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari, S.Pd, M.M., (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Akuntansi

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang dikembangkan secara terperinci untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran yang berkaitan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran melakukan copy paste dan hanya sebagai syarat administrasi akademik sehingga banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran guru program keahlian akuntansi dan hambatan yang dihadapi guru dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus, subjek dalam penelitian adalah guru akuntansi dan siswa SMK Islam Batu dan SMK 17 Agustus Batu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik tetapi ada beberapa kegiatan yang belum sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, memotivasi peserta didik, menyimpulkan pembelajaran, alokasi waktu yang telah disusun tidak sesuai dengan pelaksanaan, metode pembelajaran dan media pembelajaran. Hambatan yang dihadapi guru dalam penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran adalah dari segi waktu, metode pembelajaran dan siswa.

Guru diharapkan lebih memperhatikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas, menerapkan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dengan baik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *