Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Permendikbud No. 103 Th 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Sutrisno, Ajeng Angga Lestart. 2016. Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Permendikbud No. 103 Th 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulastri S.Pd, M.SA, (II) Nujmatul Lailly, S.Pd., M.SA.

Kata kunci: Kesesuaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Akuntansi, Kurikulum 2013, dan Permendikbud No. 103 Th 2014.

Kurikulum 2013 mulai digalakkan oleh pemerintah pada tahun 2013. Salah satu hal yang diatur dalam Kurikulum 2013 adalah kegiatan perencanaan seperti kegiatan penyusunan RPP. Penyusunan RPP merupakan hal yang penting dalam mempersiapkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP harus sesuai dengan PermendikbunNo. 103 Th 20114. Berdasarkan kewajiban guru untuk menyusun RPP, maka fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) kesesuaian RPP dengan Permendikbud No. 103 Th 2014, (2) Hambatan yang dialami guru Akuntansi dalam menyusun RPP dengan Permendikbud No. 103 Th 2014, (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam menyusun RPP dengan Permendikbud No. 103 Th 2014.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah guru mata pelajaran Akuntansi di SMK yang berjumlah 4 guru sedangkan objek penelitian ini adalah RPP mata pelajaran akuntansi yang dibuat oleh guru. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi data, dan pemeriksaan melalui diskusi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai dengan fokus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian dari RPP guru Akuntansi cukup bervariasi yaitu: ada yang sesuai, dan tidak sesuai dengan Permendikbud No.103 Th 2014. Tiga komponen yang banyak tidak sesuai dengan ketentuan Permendikbud No. 103 Th 2014 yaitu: langkah kegiatan pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar (2) hambatan guru dalam penyusunan RPP antara lain pengaturan waktu dalam penyusunan RPP, penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan semua kemampuan peserta didik, perencanaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan pembuatan rubrik penilaian yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi; (3) Upaya untuk mengatasi hambatan yang dialami salah satunya dengan mengikuti kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 maupun pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran. Namun, yang lebih penting adalah kesadaran dari guru sendiri untuk selalu tanggap terhadap hal baru khususnya perencanaan pembelajaran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *