Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi dengan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung

Istiana, Puput Ana. 2016. Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi dengan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed, (II) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M.

Kata Kunci: RPP, pelaksanaan pembelajaran akuntansi, kurikulum 2013.

Guru merupakan salah satu kunci sukses dari pelaksanaan kurikulum, sebab guru yang berinteraksi secara langsung dengan peserta didik. Maka dari itu, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pemberlakuan kurikulum, khususnya Kurikulum 2013 ini yaitu masalah kesiapan dari para guru. Guru harus siap dan faham dengan tuntutan kurikulum 2013 mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Guru memiliki tugas menyusun perencanaan pembelajaran yang meliputi KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, sumber belajar, media yang digunakan, model pembelajaran yang diterapkan, skenario pembelajaran, dan juga penilaiannya untuk kemudian direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran serta harus disesuaikan dengan Kurikulum 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran akuntansi dengan kurikulum 2013, dikaji dari kesesuaian kelengkapan komponen RPP dan isi RPP dengan kurikulum 2013, kesesuaian pelaksanaan pembelajaran akuntansi dengan RPP yang telah disusun oleh guru, serta kesulitan yang dihadapi guru dalam penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung dengan subjek penelitiannya yaitu enam orang guru akuntansi. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase.

Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan dari subjek penelitian, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) RPP yang disusun guru akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, dilihat dari kelengkapan komponen RPP menunjukkan persentase sebesar 90,23% dan persentase isi RPP sebesar 83,33% dengan kriteria sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup sudah sesuai dengan RPP yang telah disusun oleh guru akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu dengan persentase 87,28% kriteria sangat baik; (3) dalam penyusunan RPP guru tidak mengalami kesulitan, namun pada saat pelaksanaan pembelajaran guru mengalami beberapa kesulitan yaitu sulit mengontrol peserta didik, sulit memilih metode pembelajaran yang sesuai, dan kesulitan dalam hal penialaian yang dirasa rumit serta menyita banyak waktu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *